Upin dan Ipin, Animasi Melayu Sarat Pesan Moral

Upin dan Ipin adalah serial animasi pendek yang dibuat oleh production house Les’ Copaque dari Malaysia. Produk animasi ini merupakan produk pendamping dari film Geng : Adventure Begin yang juga menampilkan kedua tokoh anak kecil kembar tersebut. Serial ini telah dibuat sebanyak dua musim, keduanya ditayangkan selama bulan ramadhan 2007 dan 2008 di TV9 (Malaysia) dan TVRI (Indonesia). Musim pertama serial Upin dan Ipin telah ditayangkan pula oleh Hilal TV (Turki) yang telah di-dubbing ke dalam bahasa Turki. Upin dan Ipin adalah dua anak kembar identik berusia 5 tahun, hidup dilingkungan muslim melayu bersama kakak mereka (Ros) dan sang nenek (Opah Uda).

Mereka anak yatim piatu (pada episode ke 6, si kembar, bersama Ros dan Opah mengunjungi makam orang tuanya di sebuah desa yang bernama Kampung Durian Runtuh di Malaysia. Tayangan ini sengaja diplot di bulan ramadhan karena pesan-pesan yang disampaikan serial ini sangat pas dengan keseharian dan kewajiban umat Islam yang melakukan ibadah puasa, yang mewajibkan umat-Nya untuk tidak makan, minum dan larangan lainnya sejak waktu Imsyak hingga Maghrib selama sebulan penuh. Tokoh Opah digambarkan oleh Si Kembar sebagai referensi utama mereka dalam hal keagamaan dan kebijakan tradisional. Meskipun lapar dan haus karena puasa, Upin dan Ipin berusaha untuk menjadi anak yang baik meskipun kadang dikerjai oleh Ros.

Pada musim pertama tidak hanya mengisahkan kakak dan nenek mereka saja tapi juga tentang beberapa teman mereka yang bukan suku melayu. Teman-teman tesebut juga berusaha mengingatkan keduanya tentang pentingnya menjaga dan menjalankan ibadah masing-masing. Pada musim kedua diceritakan telah masuk ke sekolah Taman Kanak Kanak, bertemu teman-teman baru. Saat itu mereka telah mempersiapkan dan bersuka suka cita atas datangnya bulan ramadhan.

Upin dan Ipin merupakan tokoh protagonis di serial ini. Upin lahir 5 menit lebih awal sehingga ia merupakan kakak dari Ipin. Dengan ciri-ciri botak dan hanya ada sehelai rambut di kepalanya, berbaju kuning, bertindak sebagai pimpinan diantara keduanya. Ipin menggunakan baru warna biru, menggemari ayam goreng, dan merespon hal-hal yang ia setujui dengan kata “betul, betul, betul”.

Ros adalah kakak mereka, biasa dipanggil Kak Ros. Dicitrakan sebagai kakak yang galak tetapi sebenarnya menyayangi kedua adiknya. Ketika ada kesempatan Ros sering menggoda kedua adiknya.

Opah Uda adalah nenek dari Upin, Ipin dan Ros, biasa dipanggil Opah. Nenek yang baik hati, senang memanjakan si kembar. Merupakan tokoh referensi dalam hal kearifan dan keagamaan.

Fizi adalah tetangga Upin dan Ipin. Ia anak yang percaya diri dan sangat dimanjakan oleh orang tuanya. Meskipun kadang-kadang sombong tapi ia baik hati dan bersahabat.

Ehsan adalah sepupu Fizi. Ia pendiam dan canggung, berusaha formil dan pantas. Ia juga setia kawan.

Mei Mei adalah teman bermain dan sekelas di Taman Kanak Kanak, etnis Cina. Ia sering menasihati si kembar.

Rajoo teman yang paling tua dari Upin dan Ipin. Etnis Tamil India. Lima tahun lebih tua dari si kembar, kadang-kadang bertindak sebagai figur Saudara Tua bagi si kembar. Pada geng trailers, ia juga dikenal sebagai tokoh yang dapat “berkomunikasi” dengan hewan peliharaannya, Sapi.

Mael adalah teman sekelas lainnya, dimunculkan di musim kedua. Ia juga bergabung dengan kenakalan dan kejenakaan si kembar, tapi ia juga mudah bingung dan gegabah. Ia membantu ibunya berjualan makanan di Pasar Ramadhan. Di musim kedua, diceritakan ia tidak puasa, sehingga ia berfikir tidak pantas untuk merayakan hari lebaran.

Jarjit, juga teman dari Upin dan Ipin, dimunculkan di musim kedua. Sebaya dengan si kembar tapi memiliki suara yang lebih tua. Selalu mengikuti permainan anak-anak tapi entah kenapa selalu kejadian ia dikeluarkan dari permainan.

Serial ini menarik untuk disimak baik untuk anak-anak maupun dewasa, karena banyak memuat pesan-pesan moral yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Bisa anda download disini.

31 pemikiran pada “Upin dan Ipin, Animasi Melayu Sarat Pesan Moral

  1. Anakku seneng banget film ini padahal masih berusia 18bulan. Dengan seksama dia melihatnya bahkan pandai menirukan ucapan “betul,betul,betul”
    Apakah ada serial selanjutnya,sebab saya hanya punya seri puasa?
    Di alamat apa bisa didownload?

    • thanx 4 the comment.
      serial ini memang banyak menarik perhatian berbagai kalangan, karena punyai nilai2 moral yang patut untuk ditiru.
      untuk seri baru saya belum dapat informasi. Coba anda cek di Youtube.com. Tks.

  2. Gw sNeng bgT ma film upin&ipin , apalagi sepupu gw FadiL sneng bgt , semua acsesoris ttg upin ipin , di beli semua.
    Gw jga smpe ga’ ktinggalan nNt0n upIn ipin dr episode 1 smpe ….. Px0x ny bnyax deh.
    Upin dan ipin . Yeah..yEah…Yeah..
    BetUL…beTUL… BEtuL , , ,

  3. banyak nilai moral yang terdapat dalam cerita UDI(upin dan ipin),, tdak hanya ttg ibadah, namun mengenai kekeluargaan antar ne pun harus selalu terjaga

  4. hy,,,,,,,,,
    upin dan ipin dan juga men2 yang disana
    ,,
    aQ paling suka nonton upin “n” ipin ,,,,,,,,,,
    aQ doain supaya tambah pandai bukan tambah degil y????????????
    ,,,,,,,
    dan jgn ngelawan orang yg yang lebih twa dari kalean ya …………….

    fr0m: merlinda juwita
    Btam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s