Review : SUICOM SH-136 VHF FM Transceiver

Posted: Februari 17, 2009 in Digital

sh1361Sebuah HT produksi Suicom tahun 2008 buatan negara China akan coba saya bahas pada kesempatan ini berdasarkan pengalaman pribadi. Adapun fitur utama yang terdapat pada produk ini adalah Sound Reminding, 99 Memory Channel, LCD Apheliotropic Lights, Multi Function, Power Saving Function, DC In. Berikut Spesifikasi teknisnya :

Frequency Range : 136.000 – 174.000 MHz

Modulation Mode : FM

Operating Voltage : DC 7.2 Volt (Battery or Power Supply)

Memory Channel : 99 channels

Antenna Disposition : Inductively loaded antenna

Antenna Impedance : 50 Ω

Working Manner : Simplex and Duplex

Dimention : 80 x 50 x 28 mm

Output Power : 4 watt (High), 0,5 (Low)

Frequency Deviation : ± 5 KHz

Squelch Sensitivity : < 0.2 µ V

Website : http://www.suicom.net

Menggunakan HT ini saya jadi teringat HT legendaris yang saya gunakan di tahun 90 an dulu, adalah ICOM IC-2N. Menggunakan antenna Ringgo, power supply 3 A, handle mic rakitan, kabel coaxcial Belden RG-8 sepanjang 10 m. Duh, minim banget ya? soalnya masih sekolah, yang mana uang masih nodong sama orang tua hihihihi. Dengan perangkat tersebut udah bisa berkomunikasi dengan banyak teman di seputaran Samarinda, Kutai Kartanegara dan lainnya. That’s Ok. Back to our topic Suicom SH-136. Di tahun 2009  ini masih menggunakan power supply dan kabel coaxcial yang sama, tetapi sekarang menggunakan antenna arah jenis Yagi Hustler dinaikkan hanya 1 pipa ledeng dari tanah.

Equipment

Di dalam boks terdapat perlengkapan seperti : handy talky, desktop battery charger, Li-Ion battery, antenna, belt clamp, user manual.

RF Power

HT ini memiliki range daya sekitar 0,5 – 4 watt pada masing-masing frequency, disesuaikan posisi match yang dikehendaki. Lumayan buat ber-QSO dengan teman-teman di Samarinda dan sekitarnya. Cuman kalah waktu ditembus teman yang pake Rig. Ya iyalah, secara Rig punya power yang lebih gede. Hiks.

Frequency Range

Dengan range frekuensi dari 136 – 174 MHz, memungkinkan pengguna untuk monitor dan transmit di banyak tempat, alias lari sana lari sini. Lumayan bisa monitor beberapa station LSM, perusahaan swasta, lembaga pemerintahan dan organisasi lainnya.

Sensitivity & Selectivity

Di rumah HT ini saya gunakan sebagai based station dengan menggunakan antenna luar berbeda performance dalam hal sensitivitas dan selectivitas dibandingkan sebuah Rig. Hal ini wajar karena memang peruntukan HT adalah di lapangan bukan untuk based station.

Memory

Memory dari Suicom SH-136 ini mampu menyimpan frekuensi sampai dengan 99 channel dengan bentuk numeric seperti CH-01 sampai 99 atau tampilan dari angka frekuensi yang disimpan.

Dimention

Mempunyai bentuk fisik yang cukup nyaman digenggam di tangan,  dengan ukuran 80 x 50 x 28 mm. Tampak depan terdapat LCD, tombol function, speaker, exit, dan tombol multi fungsi lainnya. Tampak samping kiri terdapat tombol PTT, squelch dan lampu. Tampak samping kiri terdapat lubang untuk colokan speaker, mic dan DC in. Tampak belakang tempat batere, terdapat konektor batere. Tampak atas terdapat colokan antenna, LED indikator dan volume yang juga berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan HT ini.

Baterry

HT ini menggunakan jenis batere Li-Ion dengan tegangan 7.2 volt dan arus 1200 mA. Dalam kondisi baru jika digunakan secara aktif transmit dan receive, dapat bertahan sekitar 8 jam. Tetapi jika banyak standby, bisa bertahan sekitar 2 hari lebih.

Conclusion

Selama menggunakan HT ini tidak ditemui masalah yang berarti. Cukup memuaskan. Seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak, ada rupa ada harga. Dengan harga dibawah 1 juta cocok bagi user yang punya budget kecil tapi butuh perangkat komunikasi yang efektif dan efisien. Kelebihan dari perangkat ini menurut saya seperti adanya DC In (memungkinkan user untuk nge-break lama dengan menggunakan power supply),  kemudian batere yang awet, serta kualitas audio yang cukup jelas dan nyaman dalam monitoring. Adapun kekurangannya adalah tampilan LCD yang terlalu sederhana, seperti tidak adanya indikator signal (tidak bisa mengetahui report signal), tidak ada indikator batere, tidak bisa save frekuensi dalam bentuk nama/huruf, dan background LCD yang kotak-kotak, serta RF output yang kecil.

About these ads
Komentar
  1. Buckeye de Brotese mengatakan:

    Suicom SH-136 itu berapa harganya Brur?

    • indrajayadpj mengatakan:

      di samarinda sekitar 700rb

      • prajamuda mengatakan:

        izin merapat agan,di samarinda ditoko mana yang menjual?
        soalnya saya di smd ni agan,pnya saya suicom 3288d udah mulai gangguann nih keypad n suaranya,,,,,

      • indrajayadpj mengatakan:

        coba ke king electronic, niaga baru/aming, sentral komunikasi. semua toko tsb ada di komplek pertokoan citra niaga.

  2. sugian mengatakan:

    bro, apa ngga ada mslh kalo kita pakai HT Suicom, kira2 berapa KM pancaran nya ?

    • indrajayadpj mengatakan:

      masalah apa nih? kualitas ato legalitas? kalo kualitas saya bilang cukup. dengan harga dibawah 1 jt bisa dapat ht baru dengan fitur yg lumayan. klo produk branded tentunya lebih mahal lagi. untuk legalitas sebaiknya ikut organisasi seperti RAPI atau ORARI.

      waktu saya coba, dengan antenna standard 5 km masih bisa dimonitor. jauh tidaknya pancaran tergantung juga dari kualitas radio dan antenna si penerima. setidaknya dengan menggunakan radio jenis rig dan ketinggian 1 pipa akan terdengar dengan jelas.

  3. Sugian kapuas - kalteng mengatakan:

    Met mlm bro. Aku mo tanya lg nih. Aku mo beli HT suicom. Menurut bro bagus suicom SH 176 atau SH 136, dan masing2 berawa watt ? Thank ya bro atas bantuan nya.

    • indrajayadpj mengatakan:

      untuk sh-176 saya belum coba, website nya pun minim sekali infonya (www.suicom.net). sh-136 outputnya 4 watt. untuk merek china lainnya bisa pilih weierwei.

  4. Kang Ade mengatakan:

    mas dengan range frekwensi 136-174 Mhz apakah bisa meneerima Range 135,000 MHz atau tidak

  5. jerry mengatakan:

    Sorry mau nanya aku pny suicom SH 176 aku ga tau cara cari tone n duplex plusnya gimana sich,mohon petunjuk ya, thanks ya

  6. pasar seni bali mengatakan:

    mas gimana daya tahan HT cina suicom yg kecil ini saya sangat tertarik apa bisa untuk repeater open dengan tone 88,5 dan bahan plastik setelah dipakai apa ngak mudah pecah seperti yg suicom model lama maklum buat dagang dibawa pegawe kepasar

    • indrajayadpj mengatakan:

      repeater open setahu saya bisa, kan ada setting tone-nya di manual. soal body asal ngga dibanting hehehehe. Dibuat dari plastik yg cukup kuat untuk penggunaan harian. Saya liat satpam di mall banyak pake ht jenis ini. Awet aja kok.

  7. oji mengatakan:

    mas klo yaesu gmn, bisa pkai antene rig ta?

    • indrajayadpj mengatakan:

      maksudnya mau pake antenna outdoor jenis vertical (Hy-gain, ringgo, dll), horizontal (yagi dll) ?

      bisa sekali, anda beli dua jenis connector :
      1. SMA-M TO BNC-F
      2. PL-F TO BNC-M

  8. oji mengatakan:

    weirwei ma suicom kira2 lmyan yg mn?

  9. musafi mengatakan:

    saya juga butuh nigh……dimana alamat yg bisa di hub saya di mks bisa ngga ?

    • indrajayadpj mengatakan:

      mks maksudnya Makassar? ngga tau tempatnya, bukan orang sana hehehehe
      coba cari toko2 elektronik yang jualan part/service radio, biasanya ada jual rakom juga

  10. experimen mengatakan:

    Mas Klu di Samarinda toko yang murah untuk beli HT di mana,klu aming kan harganya bisa mahal banget??

  11. uwa bandung mengatakan:

    mas maaf nih aku pake suicom sh 430 cuma gak bisa cari frequncy manual yang keluar ch-01 s/d ch 30 gimana caranya supaya bisa cari frequency manual makasih bro

  12. iday mengatakan:

    HT dibuat untuk station bergerak, bukan untuk station tetap. kecuali dalam keadaan darurat, terutama darurat dompet dan siap-siap menghadapi gangguan sinyal alam. trimz

  13. waluh mengatakan:

    mo tnya jenis antena vertical yang bagus nerima dan ngirim panacaran sinyal antena vertikal apa sich namanya, tks

    • indrajayadpj mengatakan:

      Setahu saya di toko2 radio komunikasi, ada beberapa jenis seperti Kunci/Peniti, Dipole, Ground Plane, Ring O, Collinear Hy Gain. Saya sendiri pake yg Collinear karena gain-nya tinggi dan harga terjangkau. Jadi pilih yang power gain-nya di atas 5 dBi. Semakin tinggi semakin bagus. Untuk merek bermacam-macam seperti Diamond, Hustler, Sierra dll.

  14. agus mengatakan:

    bro, aq baru beli suicom sh176, tapi gak bisa matiin suara keypadnya, gimana caranya ya

  15. BaliGraf mengatakan:

    suicom sh176 cuma 3watt output max powernya. sh135 5watt. jadi jelas sh135 yg bagusan. tapi harga jg agak mahalan. barusan dpt info di pasar genteng sby hrgnya 350rb utk sh176 dan 575rb utk yg sh135. dan sh135 bisa dikasih nama channel, sedang sh176 cuma angka gelombang ato CH001 dst.

    • indrajayadpj mengatakan:

      betul bro, masing2 ada kurang dan lebihnya. tinggal dipilih yg sesuai dgn kebutuhan dan budget. klo pake repeater SH-176 sdh cukup, soalnya 3-5 watt ngga terlalu signifikan bedanya.

  16. didik prasetyo,saka bahari mengatakan:

    untuk alat suku cadangnya ada ga bro untuk semua jenis suicom..trimakasih….

  17. suntoro mengatakan:

    suntoro ambon.aq barusan beli ht suicom sh-176. cuman baterainya cpt lobat. yg ingin aq tanyakan.? brp lamakah aq hrs carge? dan brp lamakah baterainya bisa thn?

  18. priadi mengatakan:

    kalo suicom sh 135 connector antennanya jenis apa ya??? kalo mau di pakein antenna luar butuh adaptor yang kaya apa??

  19. natzier mengatakan:

    saya punya suicom sh 135/430 ditampilan layar muncul ch-1 sampai 72….klu mau masukan angka frekwensi gimana caranya yaa soalnya sy beli tdk ada manual booknya..minta cara stingnya donk…cari2 di kang google nihil..klu bisa di emailkan ya..thanks

  20. trisna mengatakan:

    kalo yang UHF di jogja kira2 berapa harganya..?

  21. mata juling mengatakan:

    barusan beli suicom 135/430 + antena tarik yang bisa dipatah, total harga 860 ribu (banjarmasin), wah kemahalan ngak ya? ini masih coba2 setting channel, manual book nya pake bahasa inggris (mampus)! jadi tambah gagap.

  22. indrajayadpj mengatakan:

    menurut saya harga segitu masih wajar. soal setting dipelajari dengan cermat, itung2 sekalian belajar bhs inggris :)

  23. antox mengatakan:

    Mas, saya punya HT Suicom SH-430 & Weierwei VEV-3288D (dua2nya UHF). Kira2 HT yang bagus buat based station yang mana? Kl mau menggunakan antenna luar, kira2 merk & type apa yang harganya terjangkau? Frekuensi UHF yang aman & bebas di daerah jakarta pusat buat pakai sendiri di jalur brp? Terima Kasih banyak.

    • indrajayadpj mengatakan:

      - menurut pengalaman pribadi weirwei lebih bagus
      - untuk antenna dengan budget terbatas bisa pilih jenis vertikal (collinear) merek gazden
      - untuk frekuensi yg aman? menurut saya tidak ada yg bebas karena penggunaan frekuensi ada izin-nya sendiri2

  24. indrajayadpj mengatakan:

    sekitar 500rb-an

  25. adienata mengatakan:

    bos mohon bantuan ht vev3288d freqnya gk mau keluar,yang keluar cuma ch1 doank,kira2 apa yang hrus saya lakukan bos,mohon bantuan n’ terima kasih sebelumnya

  26. ochy alexander mengatakan:

    Aku punya suicom SH-176/SH-370.
    Yg aku tanya kan? kan aku sering maen di freq 14.527.0
    knp pas aku coba ga bisa dgn freq tsb, malahan jd 14.527.5

    jadi bagaimana kh cara mengubah agar jgn selisih?

  27. mas.yahu mengatakan:

    Mas nanya dong
    Model antena HT Icom V80 yg bagus selain model tarik apa ya (pengen saya sih yang lapis karet) ? Suka dipake ponakanku buat mancing jadi patah ni
    Tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s